Waah judulnya "Cara mendapat nilai A"!! Aku nulis ini bukan berarti aku paling jago atau paling pinter, tapi aku hanya ingin berbagi pengalamanku selama ini dan perlu diketahui nilaiku nggak "A" semua kok he9.. Tapi untuk matakuliah favoritku aku selalu dapat A.

Ada caranya tho? Masak sih ada cara dapet A? Jawabanku sih ada.
Prinsipku : semua orang itu dilahirkan pintar tapi banyak yang tidak tau caranya memanfaatkan pikirannya. Dari jaman SD sampai S1, S2, S3 kita belajar di sekolah atau di kampus, tapi tidak pernah diajari bagaimana caranya belajar.

Setelah aku baca banyak buku dan belajar dari orang yang sudah sukses. Ternyata sederhana :
1. Punya goal/ tujuan/ cita-cita untuk dapat A
2. Punya alasan yang sangat kuat kenapa saya harus dapat A
3. Tau strategi/cara yang tepat untuk dapat A
Oke kita bahas satu-satu ya..

1. Punya Tujuan/Goal

Coba tanyalah dirimu sendiri, pernahkah saya mempunyai tujuan mendapat nilai A untuk matakuliah tertentu? Jika kamu tidak pernah menginginkannya apakah mungkin bisa dapat A?

Steven R. Covey dalam bukunya Seven Habits mengatakan: "Mulailah dari yang akhir". Maksudnya adalah bayangkanlah akhirnya, akhir yang bahagia dan sukses. Bayangkanlah kita dapat nilai A, buat transkrip nilai sendiri pake excel lalu isi nama matakuliah dan nilainya sendiri sesuai tujuan kita. Tulis IP semester kita, tulis berapa IPK kita. Tempel di samping cermin, baca sesering mungkin!!!

Otak mempunyai RAS, semacam penunjuk sararan pada peluru kendali. Tentukan sasarannya maka otak akan mencari cara untuk menncapai sasaran itu. Masak sih kayak gitu? Pernahkan kita sebelum tidur memasang alarm jam 4 pagi dan kita bangun beberapa menit sebelum jam berbunyi? Karena kitasudah tetapkan sasarannya "Saya mau bangun jam 4 pagi" sangat jelas dan spesifik. Sama seperti kita mau dapat nilai A untuk matakuliah ini atau untuk semua matakuliah kalau kita mau.

2. Alasan yang sangat kuat

Kenapa saya harus dapat A? kalo tidak ada untung dan ruginya buat apa?
Temukan alasan yang sangat kuat APA UNTUNGNYA jika dapat A dan juga APA RUGINYA kalo tidak dapat nilai A.

Alasan bisa berupa materi. Misal: buat penawaran dengan ortu kita, kalo kita berhasil misalkan IP semester kita diatas 3,5 atau 4 uang saku kiat naik selama 1 semester. Apabila di bawah 3 maka uang saku kita turun selama 1 semester. Jadi Untungnya Jelas dan Ruginya Jelas dan kita pasti semagat untuk mencapainya.

Taukah anda IPK minimal orang diterima kerja? Kalo belum coba baca-baca lowongan pekerjaan. Masing- masing jurusan beda-beda. Bayangkan untungnya jika nilai kita bagus akan diterima kerja dengan mudah dan bayangkan ruginya apabila nilai kita jelek dan tidak dapat pekerjaan dan jadi pengangguran. Contoh yang lain bisa dikreasikan sendiri dunk. Tanyalah diri kita untungnya apa kalo kita mencapai tujuan kita dan ruginya apa kalo kita tidak mencapai tujuan kita.

Jika kita tidak mau melakukannya untuk diri kita, lakukanlah untuk orang yang kita cintai, untuk orang tua kita yang menaruh harapan besar kepada kita. Jangan kecewakan mereka, bahagiakan mereka, buat mereka BANGGA!!!

3. Tau strategi/cara yang tepat

Caranya: belajar dari yang terbaik atau belajar dari yang sudah sukses. Orang yang nilainya bagus dan jelek berbeda cara belajarnya. Misalkan buku apa yang dia baca? Bagaimana caranya mencatat? Soal-sola apa yang ia kerjakan? Jika ingin sukses bergaulah dengan orang sukses. Jika kita sudah sukses jangan lupa lihat ke bawah ajarin yang belum bisa. Ada pepatah yang mengatakan : "Repetition is master of learning" semakin banyak kita mengulang kita akan semakin ingat. "Learn by Teaching".

Itu pula yang saya terapkan sampai saat ini. Dulu saya belajar dari para asisten dosen yang adalah kakak tingkatku karena saya ingin jadi asisten dosen. Jika ingin berhasil belajarlah dari orang yang sudah berhasil maka kemungkinan berhasilnya akan BESAR!! Dan sekarang saya menjadi asisten dosen, mengamalkan prinsip "Learn from Teaching" atau "Learn by Teaching" ada lagi "Semakin banyak memberi semakin banyak menerima".

Sekali lagi tulisan ini tidak bermaksud untuk menggurui, hanya untuk berbagi pengalaman saja. Semoga bermanfaat!!!

Kata penutup dari saya yang diilhami dari Andrie Wongso :
"Kita semua punya hak untuk sukses karena sukses adalah hak setiap orang yang mau memperjuangkannya!"

Apakah anda punya cara yang lain? Mari kita diskusikan dengan memberi komentar pada tulisan ini.

Comments (0)