W. CHAN KIM dan Renee Mauborgne menyatakan bahwa Red Ocean Strategy sudah tidak lagi ampuh untuk menciptakan pertumbuhan dan keuntungan di masa depan. Mereka berdua mengusulkan sebuah strategi baru yang disebut Blue Ocean Strategy. Blue Ocean Strategy, menganggap bahwa bersaing adalah menciptakan ruang pasar yang tidak ada lawannya. Pasar yang sangat luas bagaikan “lautan biru”.

W. Chan Kim dan Renee Mauborgne menyatakan bahwa 86% menggunakan Red Ocean Strategy dan hanya 14% yang menggunakan Blue Ocean Strategy. Dari perusahaan yang menggunakan Red Ocean Strategy tersebut memperoleh pendapatan total (omset) 62% dan keuntungan total (laba) 39%, sedangkan perusahaan yang menggunakan Blue Ocean Strategy hanya mendapat omset total 38% tetapi laba totalnya 61%.

Cirque du Soleil merupakan salah satu perusahaan yang menggunakan Blue Ocean Strategy. Cirque du Soleil. Perusahaan yang didirikan pada 1984 oleh sekelompok pemain sandiwara jalanan, Cirque telah melakukan pentas dengan menampilkan lusinan produksi yang dilihat oleh kira-kira 40 juta orang di 90 kota di sekeliling dunia. Dalam 20 tahun, Cirque telah mencapai pendapatan sirkus pemimpin dunia Ringling Bros dan Barnum & Bailey. Kedua perusahaan sirkus pemimpin dunia tersebut untuk mencapainya dibutuhkan waktu 100 tahun.

Ringling Bros dan Barnum & Bailey merancang sirkus standar dan bersaing dengan sirkus sejenis dalam skala pasar yang terus menurun. Ringling Bros dan Barnum & Bailey menggunakan perspektif strategi berbasiskan persaingan, sehingga akhirnya industri sirkus yang muncul menjadi tidak menarik. Sedangkan Cirque du Soleil’s meraih sukses dengan tidak mengambil pasar dari industri sirkus yang ada, yang secara histories pasarnya anak-anak. Cirque du Soleil tidak bersaing Ringling Bros dan Barnum & Bailey, karena menciptakan pasar baru yang tidak ada lawannya dan membuat persaingan tidak relevan lagi.
Cirque du Soleil memunculkan pasar baru selain anak-anak adalah kelompok pelanggan baru orang dewasa dan klien perusahaan dengan tidak hanya menampilkan sirkus, tetapi menampilkan teater, opera dan balet sehingga penontonnya bersedia membayar beberapa kali lipat dibandingkan dengan sirkus tradisional biasa. Strategi dari Cirque du Soleil inilah yang disebut Blue Ocean Strategy.

Blue Oceans merupakan seluruh industri yang tidak ada saat ini, tidak dikenal ruang pasarnya dan tidak ada persaingan. Dalam blue oceans permintaan itu diciptakan, bukan diperebutkan dengan persaingan. Permintaan itu dapat tumbuh dengan cepat dan menguntungkan. Untuk menciptakan blue oceans dengan dua cara, yaitu perusahaan dapat meningkatkan industri baru yang lengkap, misalnya eBay menciptakan lelang, tetapi secara online. Cara kedua, blue oceans dapat diciptakan dari dalam red oceans pada saat perusahaan mengubah batas industri yang ada, seperti yang dilakukan oleh Cirque du Soleil.

Berdasarkan ilmu dari 2 pakar di atas mungkin kita berpikir bagaimana menciptakan pasar yang tanpa pesaing? Tentunya dibutuhkan kreatifitas dalam menemukan ide bisnis yang seperti itu. Strategi PDB (Positioning, Differentiation, Branding) mutlak diperlukan untuk menerapkan konsep Blue Ocean Strategy. Sekarang pilihan ada di tangan anda mau pilih strategi yang mana? Atau anda punya strategi yang lain? Mari kita diskusikan disini.

Comments (3)

On 21 Desember 2008 pukul 20.05 , Anonim mengatakan...

suatu kajian yang menarik, mengulas buku blue ocean strategy.

Saya pribadi sebnarnya lebih suka blue ocean strategy. Why? karena saya melihat tingkat persaingan bisnis online di Indonesia yg menganut red ocean strategy sudah sangat tidak sehat.

Duplikasi produk berbungkus harga murah terjadi dimana-mana.

Bagaimana bangsa ini bisa maju, betul?

 
On 22 Desember 2008 pukul 11.50 , Gus Ardhi Putra mengatakan...

Betul sekali mas Arief.
Kita seharusnya membuat suatu produk yang unik dan mempunyai kelebihan dari yang lainnya.

Bisnis online (jualan ebook) sekarang ini memang banyak yang sama topiknya sehingga bertarung dalam red ocean. Seharusnya cari yang agak beda dan unik agar bisa menerapkan konsep blue ocean dan pelanggan dapat alternatif baru.

 
On 30 April 2009 pukul 21.01 , hydraulic mengatakan...

klo ada sesuatu yg baru kenapa kita ga coba untuk kemajuan usaha kita.soalnya tingkat persaingan di online internet marketing cukup tinggi jadi kita harus bisa menciptakan sesuatu yg baru.mungkin Blue Ocean Strategy jalannya .