DOWNLOAD EBOOK GRATIS DISINI


Motivasi kali ini saya ambil dari Warren Buffet. Kalo orang terkaya di dunia seperti Warren Buffet ini ngomong, ngasih advice, sebaiknya kita simak dengan seksama dan praktekkan. Gak usah banyak tanya kenapa.

Ini dia nasehatnya yang saya dapat dari blog bisnis roniyuzirman (bhs Inggris) dan sudah saya terjemahkan secara bebas :


Kita mulai tahun baru ini dengan semangat dan optimisme yang menurun. Kebahagiaan kita terancam oleh krisis keuangan global yang telah berdampak pada keluarga, organisasi dan bangsa.

Setiap orang putus asa untuk mendapatkan obat yang dapat menyembuhkan penyakit keuangan mereka dan membantu mereka memulihkan kesehatan keuangan mereka. Mereka berharap para ahli keuangan mereka menyediakan solusi, melupakan fakta bahwa ahli keuangan turut membuat financial global kacau-balau.

Setiap tahun baru, saya mengadopsi beberapa pepatah lama sebagai panduan untuk masa depan saya. Ini merupakan terapi untuk diri sendiri dengan memastikan bahwa setiap tahun berganti, saya tumbuh makin bijaksana dan tidak semakin tua.

Tahun ini, saya mengajak Anda untuk menyerap kebijaksanaan keuangan para pendahulu kita bersama-sama dengan saya, dan menjadi bijaksana dalam hal financial.


Ø Hard Work : Semua kerja keras membawa keuntungan, namun hanya sekedar berbicara mengarah ke kemiskinan.
Ø
Laziness/ Kemalasan : Lobster yang tidur dibawa pergi oleh air saat ini.
Ø
Earnings/ Penghasilan : Jangan bergantung pada satu sumber pendapatan. [Setidaknya Investasi membuat Anda mendapatkan penghasilan kedua]
Ø Spending/ Pengeluaran : Jika Anda membeli sesuatu yang tidak perlu, Anda akan segera menjual sesuatu yang anda butuhkan.
Ø
Savings/Simpanan: Jangan simpan apa yang kiri setelah pengeluaran; Habiskan apa yang kiri setelah disimpan.
Ø
Borrowings/ Utang : Para peminjam menjadi budak dari pemberi pinjaman. Ø Akuntansi: Tidak berguna membawa payung, jika sepatu anda bocor.
Ø Auditing: Awas sedikit biaya; Kebocoran kecil bisa menenggelamkan kapal besar.
Ø
Risk-taking/ Mengambil Resiko : Jangan melakukan tes kedalaman sungai dengan kedua kaki. [Siapkan alternatif rencana]
Ø
Investasi: Jangan masukkan semua telur dalam satu keranjang. Saya yakin bahwa orang-orang yang telah mempraktekkan prinsip-prinsip ini tetap sehat secara finansial. Saya sama-sama yakin bahwa mereka yang tersebut untuk mulai mempraktekkan prinsip-prinsip ini akan segera kembali pada kesehatan keuangan mereka.

With Best Regards,

Warren Buffet


Tulisan di atas adalah pesan dari Warren Buffet, seorang investor saham, orang terkaya nomor 1 atau kadang nomor 2 giliran dengan Bill Gates. Saya terjemahkan secara bebas dari pesannya yang bahasa Inggris.

Pesan yang dapat saya simpulkan dari pesan Warren Buffet :
1. Kerja Keras
Kerja keras harus dibarengi dengan kerja cerdas.

2. Jangan malas
Selalu berubah lebih cepat dari perubahan lingkungan. Kalau kita bisa mendisiplinkan diri kita mungkin orang lain tidak perlu mendisiplinkan kita (-baca lagi-)

3. Miliki Multiple Income
Milikilah lebih dari satu sumber penghasilan. Belajarlah bisnis, belajar investasi !
Bisa kita mulai dengan modal yang kecil seperti bisnis di internet.
Misal bisnis internet seperti : menjual informasi, membuat blog anda menjadi mesin uang, dan "teknik paling panas"mencari uang di internet yang sudah terbukti.

4. Hemat dalam pengeluaran
Belilah barang yang anda butuhkan, bukan barang yang sekedar anda inginkan tapi tidak butuh!

5. Menabung sebelum mengeluarkan
Menabunglah, sisakan uang di awal jangan di akhir! (kalo gak ada sisa kan gak jadi nabung!)

6. Jangan Hutang
Jangan hutang kalo tidak produktif. Pahami hutang yang buruk dan hutang yang baik! Kalo perlu belajar bagaimana cara mengubah hutang menjadi aset!

7. Akuntansi
Pelajari cara mengatur uang dan belajarlah investasi.

8. Auditing
Selalu cek-up kondisi financial anda secara berkala. Apakah hidup anda untung atau rugi?

9. Hati-hati mengambil resiko
Selalu siapkan rencana cadangan! Siapkan plan B jika plan A tidak jalan.
Think for the best, prepare for the worst!
Sebelum berinvestasi, belajarlah cara berinvestasi. Jangan pelit berinvestasi untuk leher ke atas karena itulah aset anda yang paling berharga.

10. Diversifikasi investasi
Jangan taruh investasi anda di satu tempat! Buat diversifikasi investasi.

Itu hanya pendapat saya saja, semoga bisa memberikan motivasi yang berharga untuk anda. Bagaimana dengan pendapat anda? Mari diskusikan dengan memberi komentar.

Comments (7)

On 19 Februari 2009 pukul 02.34 , Anonim mengatakan...

TES!

 
On 19 Februari 2009 pukul 23.13 , Anonim mengatakan...

Banyak pakar pengamat ekonomi menyatakan tahun 2009 ini masih kelabu. Belum ada perubahan signifikan untuk keluar dari krisis global yang melanda dunia. Dengan begitu, 10 hal yang disampaikan Bli Ardhi ini yang merujuk pada Warren Buffet memang sangat tepat dijadikan referensi. Agar kita bisa tetap survive ditengah gelombang badai krisis ini. Dan keluar dengan selamat nantinya.
Terimakasih bli sudah menerjemahkan dengan baik.

Salam Istimewa!
KLIK BISNIS GURU : Referensi Bisnis Online dan Info Pendidikan

 
On 20 Februari 2009 pukul 01.08 , Anonim mengatakan...

menarik sekali isi dari content bligus yang terbaru ini,merupakan panduan bagi kita dalam mengelola kesehatan finansial, mudah2han hal ini tidak hanya sebatas wacana saja,.tetapi dapat diimpementasikan bagi penulis,pembaca,dan orang2 yang terkait.
Salam Damai

 
On 20 Februari 2009 pukul 01.56 , Anonim mengatakan...

Mas, mungkin bisa dituliskan juga nasihat-nasihat orang terkaya dunia lainnya. Biar bisa menjadi pelajaran bagi kita semua.
Salam ACTION!

 
On 20 Februari 2009 pukul 13.16 , Gus Ardhi Putra mengatakan...

@Mas Umar :
Terima kasih atas komentarnya.
Ekonomi 2009 memang kelabu (ada putih ada hitam). Semoga kita bisa menjadi bagian ekonomi yang putih. Tetap optimis! Tetap belajar!

@Mas Dewa :
Setuju sekali! Teori tanpa praktek ya cuma ngomong doank!!
Bruce Lee pernah mengatakan :
"Knowing is nothing, applying what you know is everything". Salam action!!

@Joko Susilo :
Terima kasih mas Joko sudah mampir nie..
Requst-nya akan saya petimbangkan.

 
On 22 Februari 2009 pukul 07.50 , Anonim mengatakan...

saran yg bagus..tp kalo ngikutin sarannya om warren kita mesti tau ilmunya..so belajar dari buku , teman dan ( ini yg harus dicari ) mentor yang tepat !

 
On 4 Maret 2009 pukul 20.57 , Anonim mengatakan...

tips warren buffet lebih berharga kalau diterapkan ya mas