“The secret of business is to know something that nobody else knows”

- Aristotle Onassis -

Ilmu entrepreneurship atau kewirausahaan dapat kita pelajari dari manapun termasuk dari alam sekitar. Kali ini kita akan belajar dari burung elang yaitu belajar bagaimana jeli melihat peluang bisnis.

Burung elang yang terbang tinggi di angkasa, matanya jeli melihat mangsa yang ada di tanah. Elang itu yakin bahwa yang dilihatnya adalah tikus. Tapi elang itu tidak langsung menyerang tikus tapi terbang rendah untuk melihat lebih dekat. Ternyata itu adalah tikus jenis “celurut” yang baunya tidak sedap. Tentunya itu bukan makanan yang lezat bagi si elang. Si elang pun terbang lagi untuk mengamati dari atas. Lalu elang itu melihat tikus, lalu terbang agak rendah. Setelah yakin itu tikus, maka elang dengan cepat menukik dan menagkap mangsanya tersebut.

Bagi seorang pengusaha kejelian melihat peluang bisnis sangat diperlukan. Untuk meningkatkan kemampuan ini seorang pengusaha harus terbang tinggi, dalam arti banyak berjalan, banyak membaca, banyak bergaul serta banyak menyerap informasi.

Seorang pengusaha juga harus waspada dalam membedakan apakah itu benar-benar peluang bisnis ataukah hanya sekedar fatamorgana (bisnis tipuan). Ini bisa diatasi dengan melakukan studi kelayakan bisnis.

Di sekitar kita ada banyak sekali peluang bisnis baik itu bisnis tradisional maupun bisnis internet. Peluang bisnis apakah yang anda lihat di sekitar anda? Yuk kita diskusikan...

Comments (2)

On 19 Januari 2009 pukul 11.35 , Gus Ardhi Putra mengatakan...

Oke aku aja yang mulai kasi komentar
Peluang bisnis yang aku liat di jogja banyak banget.

Banyak bisnis menjamur seperti : bisnis counter hp, futsal, laundry, warnet, t4 makan, distro..

Kayaknya buka usaha di jogja emank bagus..dan iklimnya lagi bagus2nya..

 
On 21 Januari 2009 pukul 16.48 , Anonim mengatakan...

Iya betul Bro.. saya kalo punya modal pengen buka usaha di Jogja, apalagi ngejar Konsumen dari kalangan mahasiswa.. hehehhe